10 Tips Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat

10 Tips sederhana memulai pola hidup sehat 

Banyak orang yang menganggap remeh Kesehatan, padahal kesehatan itu adalah salah satu kunci kita meraih kebahagian dalam hidup, karena kebahagian itu dapat kita rasakan ketika tubuh kita sehat.

Untuk itulah penting bagi kita memulai pola hidup sehat dari sekarang, di mulai dari hal kecil dan tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal.

Inilah 10 tips sederhana memulai pola hidup sehat.


1. Hindari Stres

Banyak nya masalah yang di hadapi setiap hari, mulai dari banyak nya pekerjaan, menumpuk nya tugas kuliah, macet d perjalanan, dan masalah ekonomi tentu akan membuat kita stres.

Karena saat kita stres, semua sistem dalam tubuh kita akan merespon nya dengan cara yang berbeda-beda. Stres yang bersifat kronis dapat berdampak pada kesehatan kita secara keseluruhan.

Jika anda stres, cobalah untuk menenangkan diri sambil napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan, lakukan hal tersebut berulang kali sampai merasa lebih rileks.

Atau Anda juga bisa melakukan alternativ lain, seperti melakukan hobby Anda agar bisa lebih nyaman dengan sesuatu yang anda senangi, seperti mendengarkan lagu, menonton film, dan membaca buku.

2. Bijak dalam memilih makanan

Apa yang Anda makan, tentu akan mempengaruhi tubuh Anda, oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk lebih memperhatikan setiap makanan yang akan Anda konsumsi, demi mewujudkan pola hidup sehat.

Selalu pastikan kalau yang akan Anda konsumsi memenuhi prinsip gizi seimbang yang mencakup Karbohidrat, Serat, Protein, dan Lemak baik.

Tidak kalah penting perhatikan juga porsi makan Anda, karena dengan begitu Anda bisa mencegah obesitas dan terserang berbagai penyakit lain nya. Karena porsi yang berlebihan itu tidak baik untuk tubuh.!

3. Olahraga setiap hari

Olahraga tak selalu harus olahraga berat, sepert pergi ke gym, jogging dan olahraga berat lain nya, anda bisa melakukan jenis olahraga yang ringan saja.

Untuk menerapkan pola hidup sehat, kunci nya satu, buatlah tubuh Anda aktif bergerak setiap hari.

Karena dengan aktif bergerak, tubuh Anda akan berusaha untuk membakar Kalori yang mengendap di tubuh, selain itu hal ini juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak Oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat.

4. Cukup tidur

Cukup tidur adalah hal dasar untuk menuju pola hidup sehat. Rajin olahraga dan meng konsumsi makanan bergizi sekalipun akan sia-sia jika Anda kurang tidur.

Tidur menjadi pondasi dimana tubuh sehat terbentuk. Lantas berapa lama waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa? Yaitu sekitar 7-9 jam per malam, jadi pastikan selalu cukup dalam tidur nya, ya!.

5. Kurangi gula berlebih 

Bagi Anda yang sangat menyukai makanan atau minuman manis yang mengandung gula cukup banyak. Cobalah untuk mengurangi atau banhkan menghindari makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih. Pasalnya, asupan gula berlebih dapat memicu penyakit Diabetes,karena jika sudah terkena penyakit Diabetes tubuh biasanya akan rentan terserang berbagai penyakit kronis lain.

Mulailah kurangi gula secara perlahan untuk demi terwujudnya pola hidup sehat.

6. Banyak minum air putih

Sekitar 60% dari komposisi tubuh manusia adalah air. Setiap hari cairan dalam tubuh akan terus berkurang lewat keringat, urine, dan bahkan setiap kali Anda bernapas.

Inilah mengapa penting untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi supaya mencegah Dehidrasi.

7. Menjauhi rokok dan alkohol

Salah satu lebiasaan buruk yang sangat berbahaya bagi tubuh adalah merokok dan meminum alkohol.

Merokok dapat menyebabkan penyakit tidak menular seperti penyakit paru-paru, jantung, dan stroke. Jadi jika Anda adalah seorang perokok cobalah untuk memulai mengurangi rokok meskipun sulit demi terwujudnya pola hidup sehat, karena jika Anda berhasil berhenti merokok, Anda akan langsung merasakan perubahan baik pada tubuh anda.

Selain itu jauhi juga minuman ber alkohol. Mengkonsumsi minuman ber akolhol dapat menybabkan masalah kesehatan, seperti gangguan mental dan perilaku, termasuk ketergantungan alkohol.

8. Menjaga kebersihan rumah 

Menjaga kerbersihan rumah dan lingkungan sekitar rumah menjadi salah satu komponen penting untuk menerapkan pola hidup sehat. Rumah yang bersih mencerminkan gaya hidup seseorang.

Usahakan ruangan selalu terkena cahaya matahari dan memilik ventilasi yang cukup, juga penting untuk menjaga kelembaban ruangan serta sirkulasi udara.

9. Memeriksa kondisi kesehatan secara rutin

Pemeriksaan kesehatan secara rutin, dapat membantu menemukan dan mendiagnosis masalah kesehatan lebih awal, sehingga peluang Anda untuk mencegah dan mengobati akan lebih baik dan mudah.

10. Sering mencuci tangan

Hal ini adalah hal yang selalu di anggap sepele, padahal menjaga kebersihan tangan sangat penting untuk kesehatan tubuh. Tangan yang bersih dapat mencegah penyebaran penyakit menular.

Cara mencuci tangan yang benar yakni harus menggunakan sabun dan air yang mengalir, selain itu  bisa juga Anda menggunakan produk berbasis alkohol seperti Handsanitizer.

Kesimpulan nya adalah, bahwa menjalankan pola hidup sehat itu tidak selalu harus mahal dan ribet, cukup kita membiasakan dan melakukan perubahan kecil setiap hari nya dan bertekad untuk menjadi lebih sehat.









Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat"

Posting Komentar